Web E-Learning
SMAT Darussalam Tasikmalaya


Website E-Learning Sekolah ini bertujuan untuk mempermudah siswa/i dalam pembelajaran, interaksi antara siswa/i dengan bahan/materi, siswa/i dengan guru maupun sesama siswa/i. Siswa dapat dengan mudah mempelajari materi yang disediakan.

Untuk dapat mengakses situs e-learning ini secara keseluruhan silahkan login terlebih dahulu.


Lihat Materi       Latihan Soal

Selamat siang semuanya, belajar lagi yuk..


Mata Pelajaran IPA Kelas XII Semester 2

RADIASI BENDA HITAM DAN TEORI PLANCK

OLEH : I WAYAN SUPARDI

 

RADIASI KALORBenda-benda yang dipanasi mengemisikan gelombangyang tidak nampak (sinar ultra ungu dan infra merah).Radiasi dari benda-benda yang dipanasi disebut radiasikalor.Banyaknya energi yang dipancarkan tiap satuan waktu oleh tiap satuanluas permukaan sebanding dengan pangkat empat suhu Kelvinnya(Stefan-Boltzman).

W= e.σ.T4

e adalah koefisien emisivitas yang nilainya bergantung pada jenispermukaan. Untuk benda hitam mutlak e = 1σadalah tetapan umum (Bolztman) yang harganya 5,672 .10-8Watt/m2 0K.

E = W.A.t dalam joule

 

HUKUM WIEN

Energi pancarantiappanjanggelombangsemakinbesar, jika suhusemakintinggi,sedangkanenergi maximalnya bergeserkearahgelombangyangpanjanggelombangnya kecil, atauke frekwensi besar.

λ maks=c maks. T

c disebut tetapan Wien sebesar 2,898 .10-3m 0K.

 

EFFEK FOTO LISTRIK

Gejala foto listrik adalah emisi (pancaran) elektron dari logam sebagai akibat penyinaran gelombang elektromagnetik (cahaya) pada logam tersebut. Cahaya bisa mampu melepaskan elektron dari logam-logam alkali.

 

HASIL PERCOBAANEFFEK FOTO LISTRIK

Hasil-hasil percobaan yang seksamamenunjukkan bahwa :1. Makin besar intensitas cahaya, semakinbanyak elektron-elektron yang diemisikan.2. Kecepatan elektron-elektron yangdiemisikanhanya bergantung kepada frekwensi cahaya,makin besar frekwensi cahaya makin besar pulakecepatan elektron yang diemisikan.3. Pada frekwensi cahaya yang tertentu(frekwensi batas) emisi elektron dari logamtertentu sama.Tahun 1901, Planck mengetengahkan hipotesa bahwa cahaya (gelombangelektromagnetik) harus dianggap sebagai paket-paket energi yang disebutfoton. Besar paket energi tiap foton dirumuskan sebagai :

E = h. f

E = energi tiap foton h = tetapan Plank h = 6,625.10-34 J.s

 

ENERGI KINETIK FOTON

Energi untuk melepas elektron dari logam disebutEnergi ambang atau fungsi kerja.

a = h. fo


Posted : Sabtu, 1 Februari 2014 | 04:20 WIB | 856 hits
Oleh : Eva Vatonah,S.Si

<< Kembali ke Arsip Materi




Info & Pengumuman

National Young Inventors Award (NYIA)

Minggu, 9 Maret 2014 | 08:58 WIB

National Young Inventors Award (NYIA) adalah kompetisi ilmiah bagi remaja berusia 8-18 tahun dalam melakukan inovasi. Lomba tingkat nasional ini merupakan ajang untuk menjaring inventor ...




Lomba Kreativitas Ilmiah Guru

Jumat, 7 Maret 2014 | 04:02 WIB

LIPI akan menyelenggarakan Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) Ke-22 Tahun 2014. Lomba ini terbuka bagi guru di seluruh Indonesia dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah ...


Launching Website Resmi SMA Terpadu Darussalam Tasikmalaya

Rabu, 18 Desember 2013 | 03:48 WIB

Alhamdulillah Web Sekolah telah selesai dibuat, semoga dapat menjadi sarana / fasilitas tambahan (untuk kemudahan) dalam mendapatkan informasi sekolah. Terima kasih.

...


Pengumuman Lainnya..


Login E-Learning Siswa

NIS. :
Password :
Register |